8 Jenis Hewan Yang Hanya Ada di Indonesia


8 Jenis Hewan Yang Hanya Ada di Indonesia- Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan ekositemnya.
Kekayaan tersebut di karenakan negara Indonesia dikaruniai sumber daya alam yang strategis.
Hal tersebut membuat negara indonesia menjadi negara yang memiliki jumlah Flora dan Fauna yang sangat banyak serta dengan jenis yang beragam.
Dari golongan jenis tersebut terdapat beberapa jenis hewan yang golongan dan habitatnya hanya ada di Indonesia.
Bahkan beberapa hewan yang hanya ada di Indonesia tersebut sudah memiliki status yang di lindungi (hampir punah) dan sudah di lestarikan habitatnya.
Berikut informasi mengenai 8 Jenis hewan yang hanya ada di Indonesia :

1. Komodo
Komodo, atau juga disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies biawak besar yang terdapat di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
Kadal raksasa ini bisa memiliki panjang 3m dan bobot badan hingga 100kg.
Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka menjadi salah satu hewan paling terkenal di dunia. Sekarang, habitat komodo yang sesungguhnya telah menyusut akibat aktivitas manusia, sehingga lembaga IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Biawak komodo telah ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan habitanya dijadikan taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, yang tujuannya didirikan untuk melindungi mereka.

8 Jenis Hewan Yang Hanya Ada di Indonesia

2. Tersius
Hewan ini di beri nama tersius dikarenakan ciri fisik tubuh mereka yang istimewa, yaitu tulang tarsal yang memanjang dan membentuk pergelangan kaki mereka sehingga mereka dapat melompat sejauh 3 meter dari satu pohon ke pohon lainnya. Tarsius juga memiliki ekor panjang yang tidak berbulu, kecuali pada bagian ujungnya. Setiap tangan dan kaki hewan ini memiliki lima jari yang panjang. Jari-jari ini memiliki kuku, kecuali jari kedua dan ketiga yang memiliki cakar.
Hewan yang satu ini memiliki tubuh yang sangat kecil, hanya 10-15 cm dan hanya bisa memiliki  berat kurang lebih 80 gram saja.
Ciri fisik tarsius yang unik lainnya adalah ukuran matanya yang cukup besar. Ukuran matanya yang besar ini untuk membantu hewan ini beraktifitas di malam hari.
Habitatnya adalah di hutan-hutan Sulawesi Utara hingga Sulawesi Selatan, juga di pulau-pulau sekitar Sulawesi seperti Suwu, Selayar, Siau, Sangihe dan Peleng.
Saat ini populasi hewan ini menjadi sangat sedikit di karenakan habitatnya yang semakin berkurang di karenakan pengerusakan oleh manusia.

8 Jenis Hewan Yang Hanya Ada di Indonesia

3. Burung Maleo
Burung maleo merupakan burung endemik Sulawesi. Habitat burung cantik dengan panjang sekitar 55 cm ini terdapat di beberapa tempat di Pulau Sulawesi. Diantaranya adalah Desa Saluki, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.
Burung dengan tonjolan atau jambul keras berwarna hitam ini dilindungi melalui PP No.7/1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, dan masuk daftar burung dengan kategori endangered oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan daftar Appendix 1 dari Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES).

8 Jenis Hewan Yang Hanya Ada di Indonesia

4. Orang Utan
Hewan yang satu ini merupakan hewan sudah sangat membutuhkan pertolongan karena habitatnya yang sudah banyak di rusak oleh manusia.
Hewan ini berpopulasi di wilayah hutan tropis (Hutan Hujan) Kalimantan dan Sumatera.
Nama orang utan sendiri di ambil dari bahasa melayu yang berarti Orang = manusia , utan = hutan  (manusia yang tinggal di hutan) di karenakan cara bergerak serta bentuk hewan ini hampir sama seperti manusia.
Habitat hewan ini menjadi sangat kritis di karenakan banyaknya pengorbanan wilayah hutan yang di jadikan perkebunan kelapa sawit.
Jumlah populasi hewan tersebut yang semakin sedikit, banyak orang dari manca negara yang ikut datang dalam membantu untuk melestarikan dan menjaga keseimbangan populasi Orang Utan ini,

8 Jenis Hewan Yang Hanya Ada di Indonesia

5. Badak Jawa
Badak jawa, atau yagn biasa di sebut badak bercula-satu kecil (Rhinoceros sondaicus) adalah anggota salah satu dari lima badak yang masih ada.
Badak ini masuk ke genus yang sama dengan badak india dan memiliki kulit bermosaik yang sangat keras menyerupai baju baja. Badak ini memiliki panjang 3,1–3,2 m dan tinggi 1,4–1,7 m. Badak ini lebih kecil daripada badak india dan lebih dekat dalam besar tubuh dengan badak hitam. Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm, lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya.

8 Jenis Hewan Yang Hanya Ada di Indonesia

6. Jalak Bali
Burung ini juga merupakan satu-satunya spesies endemik Bali dan pada tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang di Provinsi Bali.
Jalak Bali memiliki habitat yang hanya bisa ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali.
Keberadaan hewan endemik ini sudah dilindungi oleh undang-undang.
Jalak Bali pertama kali ditemukan pada tahun 1910.
Karena penampilannya yang indah dan cantik, jalak Bali menjadi salah satu jenis burung yang paling diminati oleh para kolektor burung.
Penangkapan secara liar dan hilangnya habitat hutan di daerah dimana burung ini ditemukan menyebabkan populasi burung ini semakin sedikit dan terancam punah dalam waktu singkat.
Untuk mencegah hal ini sampai terjadi, sebagian besar kebun binatang di seluruh dunia menjalankan program penangkaran jalak Bali.

8 Jenis Hewan Yang Hanya Ada di Indonesia

7. Rusa Bawean
Semenjak terkenal karena menjadi maskot asian games 2018 (Maskot bernama Atung) hewan ini menjadi banyak di ketahui oleh masyarakat.
Rusa Bawean atau yang memiliki nama latin Axis kuhlii ini merupakan hewan endemik  dari Jawa Timur (hanya dapat dijumpai di Jawa Timur), yang berlokasi di Pulau Bawean dan masih merupakan bagian dari kabupaten Gresik.
Rusa Bawean merupakan binatang langka asli dari Indonesia yang populasinya saat ini sudah mengkhawatirkan.
IUCN bahkan sudah menggolongkan hewan langka asli Indonesia ini kedalam kategori terancam punah. Diperkirakan salah satu spesies rusa ini saat ini hanya tersisa sekitar 300-an ekor  saja di alam liar.
Rusa Bawean adalah hewan nokturnal (Hanya aktif dimalam hari).
Biasanya mereka hidup dalam sebuah kelompok kecil yang berisi rusa betina dengan anak-anaknya dan biasa pejantan akan ikut dalam kelompok tersebut jika sedang musim kawin.

8 Jenis Hewan Yang Hanya Ada di Indonesia

8. Bekantan
Bekantan atau dalam nama ilmiahnya Nasalis larvatus adalah hewan sejenis monyet yang berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus tunggal monyet Nasalis.
Ciri-ciri utama yang membedakan bekantan dari monyet lainnya adalah hidung panjang dan besar yang hanya bisa ditemukan di spesies jantan.
Fungsi dari hidung besar pada bekantan jantan masih belum di ketahui secara pasti, namun ini mungkin dikarenakan adanya seleksi alam.
Monyet betina biasanya lebih memilih jantan dengan hidung yang lebih besar sebagai pasangannya. Karena hidung besar inilah, bekantan dikenal juga sebagai monyet Belanda. Dalam bahasa Brunei(kxd) disebut bangkatan.
Bekantan tersebar dan endemik di hutan bakau, rawa dan hutan pantai di pulau Borneo (Kalimantan). Spesies ini biasany menghabiskan sebagian waktunya di atas pohon dan hidup di dalam kelompok-kelompok yang berjumlah antara 10 sampai 32 monyet.
Menurut forum satwa liar , sistem sosial bekantan pada dasarnya adalah One-male group, yaitu satu kelompok yang terdiri dari satu jantan dewasa dan beberapa betina dewasa dan anak-anaknya. Selain itu juga ada kelompok all-male, yang terdiri dari beberapa bekantan jantan. Jantan yang sudah remaja akan keluar dari kelompok one-male dan bergabung dengan kelompok all-male. Hal itu dimungkinkan sebagai strategi bekantan untuk menghindari terjadinya persaingan. Bekantan juga merupakan perenang yang sangat baik. Untuk menunjang kemampuan berenangnya, bekantan memiliki selaput di antara sela-sela jari kakinya. Selain berenang, bekantan juga di bekali kemampuan menyelam dalam beberapa detik. Hal tersebut di karenakan pada hidung bekantan dilengkapi semacam katup.
Bekantan merupakan maskot fauna provinsi Kalimantan Selatan.

8 Jenis Hewan Yang Hanya Ada di Indonesia

 

 

Demikianlah informasi mengenai 8 Jenis hewan yang hanya ada di Indonesia.
Hewan-hewan langka yang ada di Indonesia hampir semuanya sudah masuk ke daftar yang di lindungi.
Punahnya mereka hanya akan membawa dampak buruk kepada kita sebagai manusia yang harusnya bisa menjaga dan melestarikan lingkungan.
Semoga dengan membaca informasi ini kita semua bisa menjadi manusia yang bisa menghargai sesama makhluk hidup.


BACA JUGA INFORMASI MENARIK LAINNYA :