Makanan Unik Pontianak Yang Harus Kamu Coba


Makanan Unik Pontianak -Indonesia sendiri merupakan tempat yang penuh dengan ragam akan budaya serta sukunya. Setiap wilayah biasanya memiliki ciri khas masing-masing, begitu juga dengan kulinernya.
Jika berbicara tentang kuliner memang tidak akan ada habisnya, apa lagi jika kamu adalah tipe orang yang suka jalan-jalan dan mencoba hal yang baru.
Dan sekarang ini  kita akan sedikit membahas tentang makanan unik yang berasal dari Kalimantan yang rasanya sendiri membuat banyak orang ketagihan.
Sudah banyak orang yang saya kenal ingin pergi kembali ke kalimantan karena rindu akan makanan yang pernah mereka cicipi.
Berikut list makanan unik dan lezat dari kalimantan :

1. Chai kue

Chai kue atau choi pan merupakan hidangan Tionghoa asal Kalimantan Barat. Sepintas bentuknya mirip dengan pastel atau kroket, tetapi pengolahannya berbeda, jika pastel dan kroket harus digoreng terlebih dahulu, maka chai kue harus dikukus sebelum disajikan. Isi chai kue dapat berupa bengkuang, talas, maupun kucai. Kulit chai kue yang tipis terbuat dari tepung beras dengan pelengkap bawang goreng di atasnya.
Rasa lembut dan isi yang menggoda membuat makanan ini menjadi jajanan favorit. Anda harus memesan lebih dari sepuluh jika ingin puas memakan makanan ini sendiri.

Makanan Unik Pontianak Yang harus Kamu Coba

2. Ce hun tiau

Minuman yang melegakan tenggorakan dengan rasa yang nikmat. Ce hun tiau atau bisa di artikan ( Es dengan bihun) ini terdiri dari cendol, kacang merah, santan kental, dan tentu saja tak ketinggalan es batu yang membuatnya menjadi istimewa. Tanpa es batu pun tak kalah sedapnya. Kacang merah yang digunakan berukuran lebih besar dari kacang kedelai. Usai dimasak, bulir-bulir kacangnya masih utuh namun lembut saat dinikmati. Anda juga bisa menambahkan variasi rasa saat menyicipinya. Bisa menambahkan dengan ketan hitam, cincau, atau bongko.
Adonan yang sudah menyatu siap di bentuk dengan cetakan untuk membuat mi. Kemudian dipotong-potong seukuran yang diinginkan. Ce hun tiau bisa bertahan dalam waktu yang lama setelah dikeringkan. Saat ingin digunakan, tinggal merendamnya dengan air panas.

Makanan Unik Pontianak Yang harus Kamu Coba

3. Sotong pangkong

Sotong pangkong adalah jajanan favorit ketika menjelang lebaran atau saat bulan puasa telah tiba. Biasanya ketika menjelang waktu buka puasa, akan banyak penjual yang menjajakan makanan ini di samping-samping jalanan besar. Cara pembuatan makanan ini pun cukup unik. Dari cumi kering yang di bakar menggunakan arang, kemudian di pukul-pukul ( Dalam bahasa lokal pontianak biasa di sebut “pangkong) kemudian di makan dengan di celupi dengan sambel yang khas.
Rasa makanan ini sangat gurih dan nikmat hingga membuat banyak kalangan sangat menyukai makanan ini. Jika kalian berada di daerah kalimantan barat/Pontianak, maka kalian patut mencoba makanan yang nikmat ini.

Makanan Unik Pontianak Yang harus Kamu Coba

4. Bakmi Kepiting

Para pecinta mie tak akan pernah menolak jika mendengar nama mie ini. Bakmi yang satu ini adalah bakmi yang paling populer di Pontianak. Tidak hanya dari rasa, dari sensasi makan pun sudah berbeda.
Bakmie kepiting hampir sama dengan bakmi-bakmi biasa, yang membedakan adalah rasa yang lebih lentur dan lembut serta taburan kepiting dan potongan daging yang membuat lidah tidak bisa berhenti mengunyah.

Makanan Unik Pontianak Yang harus Kamu Coba

5. Tau Swan

Kuliner hasil akulturasi budaya Tionghoa menurut forum Kuliner Indonesia Terpercaya di Pontianak lainnya adalah Tau Swan. Makanan khas Pontianak yang kerap dijajakan pada malam hari ini terbuat dari air gula yang dicampurkan kacang kedelai dan potongan kue manis. Cita rasa dari kuliner khas Pontianak ini sangat manis, sehingga sangat dianjurkan untuk orang-orang yang tengah menjaga kadar gula darah untuk menghindari makanan tradisional Pontianak ini.
Tekstur makanan ini cukup lengket, tapi rasa campuran kacang dan manis nya roti patut di coba oleh para penggemar kuliner.

Makanan Unik Pontianak Yang harus Kamu Coba

6. Kwe-Cap

Tidak ada yang tidak mengenal makanan satu ini di Pontianak. Biasanya makanan ini di santap ketika sarapan pagi oleh orang-orang keturunan tionghua di pontianak.
Kwe cap  adalah potongan kwetiau atau mi lebar yang terbuat dari tepung beras, lalu disiram kuah dari kaldu tulang babi dan minyak babi. Ditambah lembaran kulit babi goreng kering (seperti rambak) yang sudah direbus dan bawang putih goreng. Tekstur kwetiaunya lebih lembek dibanding kwetiau pada umumnya karena proses perebusan yang lama. Ada pula beberapa yang hancur saat disantap.
Ketika diaduk, kuah akan menjadi mengental dan berwarna lebih putih. Makanan ini juga bisa disantap dengan tambahan bakso dan tahu isi. Rasanya enak kala disantap selagi panas.

Makanan Unik Pontianak Yang harus Kamu Coba

Demikian lah informasi tentang makanan-makanan unik dari Pontianak. Tidak hanya Sungai Kapuas saja yang punya cerita, tetapi makanan di sana pun membuat banyak orang yang ingin kembali kesana. Semoga teman-teman yang ingin kembali ke sana dapat menikmati dan mencoba semua kuliner yang di dambakan.


BACA JUGA :   8 Makanan Terlezat Khas Indonesia yang Diminati Negara Luar